Sabtu, 01 Desember 2012

TBC Tulang


    
     Tuberkulosis atau TB (dulu disebut TBC) adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Umumnya penyakit itu hanya terdapat diparu-paru. Namun, ternyata kuman TB juga menyerah daerah tulang. TB jenis ini disebut TB ekstrapulmoner. Tulang yang paling banyak terserang adalah Tulang Belakang.
     Gejala yang timbul pada TBC tulang belakang antara lain adalah nyeri punggung atau pinggang, abses (benjolan berisi cairan), sampai patah tulang. Bahaya patahnya tulang belakang adalah kerusakan serabut saraf sehingga terjadi kelumpuhan pada kedua kaki. 



     Pengobatan TB tulang hampir sama dengan pengobatan TB paru, yaitu dengan menggunakan obat-obat antituberkulosis seperti INH, rifampisin, pirazinamid, etambutol, dan lain-lain. Jika sudah ada gangguan pada daerah lokal, misalnya ada patah tulang, maka dapat dipasang fiksasi. Jika ada abses, abses dikeluarkan, dan seterusnya.

    Obat Tradisiona yang mapu mengobati penyakit ini diantaranya:
1.  daun legundi.
    
2.  pegagan obat .
       
3.  daun sambiloto .
     
4.  meniran .
      
5.  temulawak .
     
6.  kunyit .
     
7.  kaki ayam kampung .
8.  ubi jalar merah .
9.  bawang putih .
10. daun seledi.
     Solusi yang tepat adalah dengan Obat herbal Ace Maxs yang terbuat dari bahan kulit manggis dan kulit sirsak. Khasiatnya untuk mematikan bakteri penyebab TBC tulang tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar